5 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan


5 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan | Musik disebut-sebut sebagai bahasa yang universal. Musik selain adalah bentuk dari seni serta dapat dipakai untuk berbahagia-bahagia, tetapi juga dapat memberbagi beberapa macam kegunaaan untuk kesehatan.

Musik dapat memberbagi efek yang positif pada tubuh, baik dengan cara fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa kegunaaan kesehatan yang dapat didapatkan dengan mendengarkan musik, semacam dilansir oleh Daily Health Post .

5 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan

7 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan

1. Baik untuk kesehatan jantung

Anda mungkin berpikir bahwa musik tidak ada kaitannya dengan jantung. Tetapi penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat serta kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria mempunyai aliran darah yang lebih lancar sampai 26 persen. Tetapi apabila mereka mendengarkan musik yang kecewa, aliran darah bakal menurun sampai enam persen.

2. Musik menurunkan stres

Mendengarkan musik setiap sore hari alias ketika berangka kerja membikin keadaan psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari dapat menurunkan tingkat stres.

3. Melindungi pendengaran

Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras terbukti diketahui dapat merusak pendengaran. Tetapi suatu  penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang tak jarang bermain musik selagi nasib mereka mempunyai performa mendengar yang lebih baik.

Sama semacam ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Tetapi pasti saja Kamu masih wajib berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, khususnya ketika memakai headphone.

4. Efeknya sama seperti pijatan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik mempunyai efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Peneliti menemukan bahwa pbintang filmipan yang meperbuat terapi pijatan selagi lebih dari 12 minggu mempunyai tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik.

5. Membuat otak awet

Berdasarkan survei yang diperbuat pada tahun 2001, orang yang tak jarang mendengarkan musik mempunyai otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, semacam belajar musik serta terbiasa mendengarkan musik mempunyai otak yang lebih tahan lama muda dibandingkan dengan orang yang tak menyukai musik.